Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjumlahkan Angka Pada Tabel Microsoft Word Secara Otomatis

Dalam pengajuan suatu proposal, tidak terlepas dari maksud dan tujuan diajukannya suatu proposal tersebut.


Dimana dalam berkas yang akan diajukan kadang berisikan suatu latar belakang, maksud dan tujuan serta anggaran yang didalamnya berisi bahan-bahan atau material yang merupakan bab dari proposal itu sendiri. Untuk pembuatan proposal pada umumnya memakai microsoft word dalam pembuatannya. Namun bagaimana kalau dalam suatu proposal tersebut terdapat daftar anggaran yang perlu diajukan ? apakah kita harus memakai microsoft excel untuk bab anggaran ?

Disini tergantung dari si pembuat proposal itu sendiri. Oleh alasannya yakni itu biar pembuatan proposal dalam satu file, ada cara untuk sanggup menciptakan suatu anggaran tersebut, dimana tetap memakai microsoft word. Dengan tujuan kalau suatu ketika pihak peserta proposal tersebut meminta softcopy maka kita sanggup memberikannya. Karena dalam suatu anggaran tidak terlepas dari nama barang, kuantity, harga satuan dan jumlah maka semuanya itu dalam bentuk kumpulan angka-angka.

Cara menjumlahkan seluruh angka-angka yang tersebut bersama-sama sanggup dipakai dengan dua cara :

Menggunakan Excel Spreadsheet

Dengan cara ini maka tabel yang akan kita buat menyerupai layaknya kita memakai microsoft excel. Dimana caranya yakni :
a. Masuk ke sajian insert
b. Pilih segitiga kecil bab table
c. Lalu pilih excel spreadsheet.
Pada cara ini sajian windows akan menampilkan menu-menu (ribon) menyerupai aplikasi microsoft excel Sehingga akan menghasilkan tabel menyerupai di bawah ini yang ditunjukan pada karakter B :

Pada gambar point A diatas yakni layout excel spreadsheet yang dibuat. Dan kalau hasil tabel pada karakter B jadinya tidak sesuai maka maka kita harus mengatur lebar dan tinggi dari excel spreadsheetnya.

Menggunakan table microsoft word :


a. Masuk ke sajian insert
b. Pilih segitiga kecil bab table
c. Lalu pilih berapa jumlah baris dan kolom yang akan anda buat menyerupai pada gambar insert tabel sebelumnya.
Lalu isi tabel sesuai dengan anggaran yang akan anda buat, misalnya menyerupai di bawah ini :

Pada gambar tersebut di atas, anda melihat tiga angka yang aku beri kotak warna merah. Angka-angka tersebut akan kita jumlahkan secara otomatis.

Cara menjumlahkan angka pada tabel microsoft word secara otomatis :
A. Pindahkan kursor ke kolom yang akan menghasilkan dari total angka-angka diatasnya (dalam hal ini ditunjukan jadinya 510.000).
B. Pada sajian Table Tools pilih Formula yang akan menampilkan sajian formula, dan harus berisi text =SUM(ABOVE)
C. Anda sanggup menentukan number format (apakah memakai format ribuan yang dipisahkan dengan titik atau tanpa titik)
d. Dan kalau suatu waktu terdapat perubahan atau penambahan angka-angka yang akan dijumlahkan, maka anda sanggup mengupdatenya dengan cara klik kanan pada mouse anda pada total sebelumnya kemudian pilih Update field yang ditunjukan pada gambar berikut :

Dengan mengetahui cara-cara tersebut diatas, maka anda sanggup menentukan bagaimana langkah yang lebih gampang bagi anda. Sehingga dengan demikian sanggup mempermudau dan mempercepat pkerjaan anda. Semoga bermanfaat bagi para pembaca blog ini.