Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi, Soal Dan Kunci Tanggapan Pas Bahasa Indonesia Smp Kelas 9 Semester Ganjil

Soal PAS Bahasa Indonesia

Untuk bapak dan ibu guru data ibarat kisi-kisi, soal dan lembar balasan soal PAS (Penilaian Akhir Semester) ini mungkin sangat berarti terutama bagi mereka yang berkasnya hilang lantaran lupa menyimpan atau dipinjam seseorang dan tidak dikembalikan. 

Terlebih lagi komputer atau laptop yang biasa digunakan rusak atau hilang digondol maling sehingga semua data yang bekerjasama dengan semua pekerjaan tersebut lenyap. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu yaitu dengan cara menyimpannya secara cloud atau awan melalui beberapa media ibarat dropbox, google drive dan lain sebagainnya.

Berikut kisi-kisi, soal dan Jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 Penilaian Akhir Semester Semester Ganjil : 

I. Jawablah soal berikut dengan menghitamkan abjad A, B, C, atau D pada pilihan balasan yang paling tepat!
1. Kegiatan literasi sangat penting untuk membaca buku, kita tahu buku merupakan jendela dunia lantaran pengetahuan itu tumbuh, berkembang  dan bermanfaat bagi banyak orang, sehingga buku disebut sebagai …
A. gudang buku B. pohon buku C. pohon pengetahuan D. gudang ilmu

2. Tugas utama  untuk pembelajaran literasi laporan membaca buku yaitu ….
A. membaca minimal 1 buku, simpulan pelajaran C. membaca minimal 3 buku, akhir  tahun
B. membaca minimal 2 buku, simpulan pelajaran D. membaca minimal 4 buku, simpulan semester

3. Ada 10 langkah dalam menulis laporan membaca buku, langkah yang keempat yaitu ….
A. jangan baca buku C. masih jangan baca buku
B. buat catatan D. baca buku

4. Langkah ketujuh dalam menulis laporan membaca buku yaitu ….
A. simpulkan buku C. jenis buku
B. menilai buku D. periksa kembali tujuan

5. Isi format laporan buku fiksi pada belahan latar & alur yaitu ….
A. Siapa tokoh utama(awal, tengah, akhir)?
B. Siapa yang tidak kau sukai?  Apa yang terjadi (di awal, tengah, akhir)?
C. Kamu suka buku ini?  Apa yang terjadi (di awal, tengah, akhir)?
D. Di mana, kapan dongeng terjadi?  Apa yang terjadi (di awal, tengah, akhir)?

6. Puisi Taufiq  Ismail  yang berjudul  “Kupu-kupu di dalam Buku“ berisi ihwal ….
A. harapan membaca buku menjadi kepuasan bangsa Indonesia
B. harapan membaca buku menjadi keharusan bangsa Indonesia
C. harapan membaca buku menjadi kebiasaan bangsa Indonesia
D. harapan membaca buku menjadi pujian bangsa Indonesia

7. Pada dikala kita tidur, baik siang maupun malam hari, selalu saja ada nyamuk yang mengganggu tidur kita. Hal ini mungkin  bagi sebagian orang yaitu hal yang sepele dan sanggup diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar di pasar. Namun, taukah Anda  jikalau cairan pembasmi itu mengandung banyak sekali materi kimia yang sanggup membahayakan kesehatan kita? 
Pada struktur teks laporan percobaan, pernyataan di atas terdapat pada belahan ….
A. alat dan bahan B. tujuan C. langkah-langkah D. hasil

8. Susunan teks yang dibentuk dengan isi memberikan hal-hal terkait percobaan yang dilakukan oleh penulis merupakan pengertian dari teks ….
A. laporan literasi B. laporan percobaan C. prosedur D. deskripsi

9. Bacalah penggalan teks laporan percobaan berikut!
Taplak meja biasanya digunakan untuk menutup dan menghias meja. Pernah tidak Anda berpikir untuk membuat taplak meja sendiri? Anda bahwasanya sanggup membuat taplak meja sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah.  Simpulan teks tersebut yaitu ….
A. Taplak meja sanggup dibentuk sendiri dengan biaya yang murah.
B. Taplak meja sanggup dibentuk sendiri cukup mudah.
C. Taplak meja sanggup dibeli di toko-toko.
D. Taplak meja sanggup dibentuk dari materi bekas dan tahan lama.

10. Apabila semua petunjuk sudah dilakukan, Anda sanggup menggunakan alat tersebut untuk menangkap kecoak di rumah. Letakkan perangkap pada kawasan yang dirasa banyak terdapat kecoak, contohnya di dapur, gudang, dan lemari. Dalam struktur teks laporan percobaan kalimat di atas terdapat pada belahan ….
A. tujuan B. hasil C. alat dan bahan D. simpulan

11. Hasil dari investigasi pewarna pada masakan yaitu warna bulu domba yang ditambah dengan larutan NH4OH lebih gelap atau keruh dibanding kontrol (bulu domba yang tidak diberi perlakuan). Hal tersebut memperlihatkan bahwa pewarna makanan  yang diperiksa merupakan pewarna alami.  Dalam struktur teks laporan percobaan paragraf di atas terdapat pada bagian 
A. tujuan B. alat dan materi C. hasil D. kesimpulan

12. Tikus merupakan binatang pengerat yang sangat mengganggu. Oleh lantaran itu, harus ada langkah-langkah untuk menangani dan membasminya. Salah satu langkahnya dengan membuat jebakan tikus sederhana. 
Sebetulnya. dikala ini cukup banyak pilihan cara untuk membasmi tikus, ibarat menggunakan racun tikus atau menggunakan alat elektronik. Namun, tidak ada salahnya bila mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di  atas yaitu ….
A. Tikus harus dibasmi
B. Tikus binatang yang berkeliaran di malam hari
C. Tikus mengganggu sawah dan ladang penduduk
D. Salah satu cara membasmi tikus yaitu dengan membuat jebakan tikus sederhana

13. (1) Bayam salah satu sayuran yang banyak mengandung zat besi. (2) Bayam biasanya ditanam untuk dikonsumsi daunnya. (3) Tumbuhan ini berasal dari Amerika. (4) Nama latin dari bayam yaitu Amaranthus sp. 
Kalimat utama dalam teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4

14. Ketahuilah bahwa sabun pengecap buaya sangat alami, ramah lingkungan, dan simpel dibuat. Selain itu juga, pengecap buaya terbukti bermanfaat bagi badan lantaran membuat badan higienis dan lebih segar.  Informasi tersurat  yang terdapat dalam teks tersebut yaitu ….
A. Sabun pengecap buaya membuat badan lebih higienis dan segar
B. Lidah buaya sanggup digunakan untuk wajah
C. Lidah buaya sanggup ditemukan di mana-mana.
D. Sabun pengecap buaya sukar dibuat.

15. Berikut ciri-ciri  unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks laporan percobaan, Kecuali ….
A. diksi B. kata bilangan C. kalimat perintah D. kalimat tanya

16. Ciri kalimat perintah antara lain ….
A. diakhiri tanda titik (.) C. menggunakan makna menawarkan 
B. menggunakan partikel  -lah, atau - kan D. intonasi simpulan kalimat standar

17. Percobaan bertujuan menandakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan sanggup dipengaruhi oleh faktor eksternal. 
Konjungsi yang terdapat dalam kalimat beragam di atas yaitu ….
A. untuk, dan B. bahwa, dapat C. bahwa, dan D. dan, oleh

18. Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan dan hubungkan dengan lampu! Pada teks laporan percobaan, kalimat ini terdapat pada belahan ….
A. tujuan B. alat dan bahan C. langkah-langkah D. kesimpulan

19. Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan dan hubungkan dengan lampu! Pada unsur kebahasaan dalam teks laporan percobaan termasuk ….
A. Kalimat tanya dan kalimat perintah C. kalimat majemuk
B. kalimat perintah dan kalimat majemuk D. kalimat perintah

20. Untuk menghasilkan sinar yang lebih terang, biar lampu bohlam dinaikkan di atas lemari!
Kalimat di atas sanggup disunting menjadi  ….
A. Untuk menghasilkan sinar lebih terang, biar lampu bohlam dinaikkan ke atas lemari!
B. Untuk menghasilkan sinar lebih terang, biar lampu bohlam dinaikkan ke  lemari!
C. Menghasilkan sinar lebih terang biar lampu bohlam dinaikkan ke atas lemari!
D. Untuk menghasilkan sinar lebih terang, biar lampu bohlam dinaikkan ke atas lemari!

21. Suatu aktivitas berbicara untuk memberikan informasi kepada khalayak  disebut ….
A. pidato B. orator C. diskusi D. wawancara


22. Berpidato dengan tujuan untuk menjelaskan   dan meyakinkan   pendengarnya disebut ….
A. motivasi B. persuasif C. informasi D. menghibur

23. Dalam pidato Severn Suzuki anak berusia 12 tahun di PBB memberikan pokok duduk kasus ….
A. anak-anak yatim C. anak-anak kelaparan
B. anak-anak jalanan D. anak-anak terpelajar

24. Orang yang mahir dalam berpidato disebut ….
A. operator B. narator C. moderator D. orator

25. Hal  utama yang diperhatikan dalam menyimak pidato yaitu untuk mengetahui ….
A. permasalahan yang disampaikan C. sebab-sebab timbulnya masalah
B. topik pidato D. solusi yang diberikan pembicara

26. Pidato kenegaraan oleh presiden biasanya menggunakan metode ….
A. impromptu B. ekstemporan C. menghafal D. naskah

27. Berpidato dilakukan secara tiba-tiba tanpa persiapan sama sekali merupakan pidato dengan metode ….
A. impromptu    B. ekstemporan        C. menghafal  D. naskah

28. Pidato persuasif yang dimanfaatkan dalam dunia perjuangan untuk memperkenalkan barang atau jasa  termasuk jenis pidato  ….
A. politik B. advertensi C. pendidikan D. propaganda

29. Dalam mengomentari pidato, hal paling penting untuk dikomentari adalah…
A. topik B. isi C. kesimpulan D. penutup

30. Berpidato dengan menggunakan bahasa verbal maupun tertulis disebut komunikasi ….
A. verbal B. non verbal C. langsung D. tidak langsung

31. Berbicara dengan menggunakan gerakan atau instruksi merupakan komunikasi  ….
A. langsung B. non verbal C. verbal D. tidak langsung

32. Salah satu ciri pidato persuasif yaitu ….
A. berusaha berbicara nyaring
B. berusaha berbicara pendek
C. berusaha menjelaskan dan menarik kepercayaan pendengar 
D. berusaha sabar menghadapi para pendengar

33. Kesimpulan dan harapan  disampaikan dalam pidato persuasif pada belahan ….
A. pembukaan B. pendahuluan C. isi D. penutup

34. Kata kiprah yang terletak di depan sebuah kata, terutama kata benda yang berfungsi memilih hubungan suatu kata disebut ….
A. konjungsi B. artikula C. preposisi D. interjeksi

35. Baik saya maupun ia tidak menyukai hal itu. Kalimat ini termasuk kalimat  yang menggunakan kata konjungsi …. 
A. subordinatif B. koordinatif C. antarkalimat D. korelatif

36. Di sebelah barat kampung ada gunung yang tidak begitu besar, areanya kecil, lebih sempurna disebut bukit. Tapi semenjak dulu hingga kini penduduk kampung menyebutnya dengan Gunung Beser.
Pada kutipan  ini terdapat unsur cerpen ……
A. latar tempat C. latar suasana
B. latar waktu D. latar kawasan dan waktu

37. Bertahun-tahun pasukan Belanda dan centeng-centeng demang mengepung Gunung Beser, tetapi Jaya Sakti tidak pernah menyerah. 
Berdasarkan kutipan dongeng pendek  di atas, tokoh Jaya Sakti memiliki karakter ….
A. penakut B. pengecut C. pemberani D. pemalas

38. Penentuan peristiwa, membuat citra visual latar, pengenalan karakter terdapat pada struktur cerpen belahan ….
A. orientasi B. rangkaian peristiwa C. komplikasi D. resolusi

39. Mereka dan termasuk saya, tidak menyadari di kampung semakin terdengar isu perkelahian petani gara-gara berebut air, para sampaumur putus sekolah kebingungan cari pekerjaan lantaran lahan garapan pertanian sudah tiada, demam isu yang tiba tidak  lagi bersahabat.
Kutipan ini termasuk struktur cerpen  belahan ….
A. orientasi B. rangkaian peristiwa C. komplikasi D. resolusi

40. Kedamaian kampung saya mulai terusik dikala jalan besar menghubungkan dengan kota kecamatan dan kota kabupaten diperbesar dan diaspal. Kata saya pada kalimat di atas merupakan unsur sudut pandang (point of view) sebagai ….
A. orang pertama pelaku sampingan C. orang serba tahu
B. orang pertama pelaku utama D. orang ketiga pengamat

II. Jawablah  soal berikut dengan sempurna dan jelas!
41. Mengapa literasi / membaca buku itu penting?
42. Tulislah teks laporan percobaan sederhana yang ada di sekitar lingkungan Anda! 
43. Perbaiki kalimat berikut menjadi kalimat efektif!
Sejarah daripada bangsa kita, ikut memberi dasar dan arah daripada politik negara yang bebas aktif. 
44. Bagi saya, Gunung Beser menyimpan kenangan tersendiri. Sejak umur 5 tahun saya sering tidur di rumah Kakek. Setiap subuh Kakek membangunkan saya dan mengajak pergi ke masjid kecil di pinggir sawah. Saya yang kadang masih merasa ngantuk, begitu turun dari rumah selalu takjub melihat Gunung Beser berdiri kukuh. Saya merasa kesejukan pagi harum dedaunan dan tua yaitu bau khas Gunung Beser.
Tentukanlah unsur Latar dan sudut pandang  pada kutipan cerpen di atas!
45. Tulislah  teks pidato persuasif sesuai strukturnya  dengan kerangka isi sebagai berikut!
a. Pengertian disiplin
b. Disiplin waktu, berpakaian dan belajar
c. Cara menerapkan disiplin
d. Manfaat disiplin