Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggabungkan Fungsi If Dengan And Pada Microsoft Excel

Begitu banyak variasi yang sanggup kita lakukan dengan Rumus IF pada Microsoft Excel. Jika anda pernah berkunjung pada blog berbagi73 sebelumnya, tentu anda sanggup menemukan pembahasan mengenai rumus IF di dalamnya. Mulai dari pengelompokan data, mencari nilai duplikat dalam cell, menggabungkan Fungsi IF dan Vlookup. Dan artikel ini saya tulis menurut atas bencana / pengalaman yang saya alami.

Hari ini saya coba untuk membagikan bagaimana Cara Menggabungkan Fungsi IF dengan AND pada Microsoft Excel. Tujuan dari penulisan artikel ini sebagai pemberian khususnya untuk rekan kerja saya yang baru-baru ini menanyakan untuk memilih skala upah tenaga kerja menurut peraturan ketenagakerjaan yang setiap tahun adanya adaptasi terhadap nilai Upah Minimum Kabupaten/Kota sesuai masing-masing wilayah.

Mengingat adanya perbedaan dari UMK masing-masing daerah, dan untuk menghindari dari salah persepsi para pembaca maka untuk penerapan dalam menggabungkan Fungsi IF dengan AND yang saya akan asumsikan dengan nilai A, B, C, D, dan E dari suatu pelajaran / mata kuliah.

Untuk sanggup mempermudah penerapannya saya beri warna sesuai dengan rumus dan hasil yang diinginkan.
- Nilai A antara 90 hingga dengan 100
- Nilai B antara 80 hingga dengan 89
- Nilai C antara 70 hingga dengan 79
- Nilai D antara 69 hingga dengan 69
- Nilai E di bawah angka 60

Untuk menggabungkan masing-masing rumus tersebut anda sanggup menerapkan dengan cara mengurutkan angka 1 hingga dengan angka 6. Dimana angka 6 ialah sebagai perkiraan kalau terjadi penginputan angka di atas 100 yaitu =IF(C8<60;"E";IF(AND(C8>=60;C8<70);"D";IF(AND(C8>=70;C8<80);"C";IF(AND(C8>=80;C8<90);"B";IF(AND(C8>=90;C8<=100);"A";"-"))))) atau

Demikian langkah yang sanggup anda lakukan untuk Menggabungkan Fungsi IF dengan AND pada Microsoft Excel.